Rabu, 31 Maret 2010

TAFSIR HADITS

Judul : tafsir hadis
Kategori : Tafsir Hadits
Nama Pengirim : lukman
Tanggal Kirim : 2009-07-02 09:18:52
Tanggal Dijawab : 2009-07-07 10:29:07
Pertanyaan Dari Abu Hurairah ra., Rasulullah saw. bersabda, “Cukuplah bagi orang itu disebut pendusta apabila dia membicarakan setiap (berita) yang dia dengar.” (HR. Muslim)
Mohon tafsir atas hadis ini, dan sumber aslinya terdapat dikitab mana!
Jawaban

Assalamu alaikum wr.wb.

Hadits yang Anda maksud bisa dilihat pada kitab Riyadhus Shalihin pada bab anjuran untuk mengklarifikasi setiap berita yang diterima.

Hadits tersebut diriwayatkan oleh Imam Muslim yang sanadnya bersumber dari Abu Hurayrah ra. Secara singkat, hadits tersebut memberikan satu peringatan kepada manusia agar tidak langsung menyebarkan setiap informasi yang ia dengar. Sebab, bisa jadi apa yang ia dengar ternyata keliru atau bohong belaka. kalau seseorang meriwayatkan atau menginformasikan sebuah berita yang belum jelas kebenarannya hal itu sudah membuka peluang bagi dirinya untuk jatuh pada dusta. Apalagi jika berita atau informasi tersebut terkait dengan Alquran atau hadits Rasulullah saw.

Jadi kesimpulannya setiap muslim harus berhati-hati dalam menyampaikan setiap informasi yang ia terima sebelum diklarifikasi terlebih dahulu. terutama jika informasi tersebut datang dari orang yang tidak jelas dan diragukan kejujurannya.

"Wahai orang-orang beriman, jika seorang fasik datang membawa sebuah berita kepada kalian, klarifikasilah terlebih dahulu. hal itu agar kamu tidak menimpakan satu musibah kepada satu kaum tanpa mengetahui keadaannya sehingga kamu menjadi menyesal dengan apa yang kamu lakukan" (QS al-Hujurat: 6)

Wallahu a'lam bish-shawab.

Pengikut

firdausrho Copyright © 2009
Scrapbook Mania theme designed by Simply WP and Free Bingo
Converted by Blogger Template Template